Pages

Subscribe:

Senin, 21 Mei 2012

7 Nutrisi Untuk Menambah Kesuburan Anda

Setiap pasangan pasti ingin agar keharmonisan keluarganya berlangsung abadi. Akan tetapi sering keharmonisan keluarga itu terusik dengan belum hadirnya sibuah hati. Sudah banyak tes medis yang dilakukan dan semua dokter menyarankan agar anda menambah kualitas kesuburan anda atau fertilitas. Ada banyak anggapan yang berkembang dimasyarakat yang mengatakan bahwa vitamin tertentu dapat menambah kesuburan seperti makan banyak kecambah dapat meningkatkan kesuburan. Tidak semua pendapat itu salah karena untuk mencapai fertilitas yang baik, tidak dibutuhkan satu vitamin saja. Diperlukan banyak kombinasi mineral dan vitamin untuk menjaga fertilitas tersebut. Ada banyak buku dan artikel yang mengajarkan bahwa nutrisi, vitamin dan mineral harus dikonsumsi secara seimbang untuk mendapatkan kesuburan yang maksimal. Dibawah ini akan saya tuliskan beberapa nutrisi yang bisa anda manfaatkan untuk menambah fertilitas anda demi keharmonisan keluarga.

1. Vitamin E

Vitamin E tidak saja bagus untuk kulit anda akan tetapi juga bagus untuk kesuburan anda. Vitamin E diketahui mempunyai fungsi menjaga sistem endokrin dan mendorong diproduksinya hormon- hormon bagi wanita. Sementara bagi pria, vitamin E bisa menambah produksi sperma dan hormon seks. Diketahui juga vit E bisa melindungi DNA sperma dari kerusakan. Kerusakan DNA sperma bisa mengakibatkan hal yang fatal seperti ketidaksuburan. Vit E bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sperma dari radikal bebas sehingga sperma mempunyai kualitas yang tinggi untuk saat pembuahan. Konsumsi vit E yang disarankan asdalah 400IU perhari dan itu bisa dicukupi dari banyak jenis makanan seperti sayuran hijau tua, hati, dan juga kecambah serta kedelai.

2. Vitamin C

Vitamin C mempunyai banyak manfaat. Selain memperkuat imun tubuh, vitamin C juga sangat baik bagi keseimbangan hormon didalam tubuh. Vit C juga bisa meningkatkan kesuburan anda dan membantu tubuh dapam menyerap zat besi. Secara kasat mata, bagi pria vit C sangat baik untuk mencegah penggumpalan sperma dan membuat sperma mempunyai mobilitas yang tinggi. Vit C dapat diperoleh dari banyak sumber seperti buah-buahan dan sayuran. Buah – buahan yang banyak mengandung Vit C antara lain jambu, sirsak, pepaya, jeruk, mangga, stroberry. Sayuran seperti cabai dan bayam. Konsumsi vitamin C yang bak buat tubuh adalah sekitar 1000mg. jika anda kelebihan mengkonsumsi vit C, tidak perlukawatir karena vit C larut dalam air dan segera dibuang lewat urin.

3. Vitamin B

Vitamin B sangat bait buat tubuh. Vitamin B terbagi menjadi beberapa jenis dan hanya beberapa macam Vit B saja yang bisa membantu menambah kesuburan anda. Jika anda pria, maka konsumsilah vit B12. Vit B 12 dapat menambah kualitas sperma. Bagi wanita, vit B6 sangat baik untuk meningkatkan kualitas kesuburan wanita. Asam folat, yang juga termasuk jenis vit B, sangat baik juga untuk prose pembuahan sel telur oleh sperma. Sumber vit B yang mudah dicari dari dari sekitar tempat tinggal kita adalah sayuran seperti wortel dan brokoli, telur, ikan, berasmerah, ayam, pisang, dan lain-lain.

4. Zat Besi

Zat besi sangat baik buat darah. Zat besi didalam tubuh berfungsi untuk memperlancar aliran darah keseluruh tubuh untuk menyuplai oksigen. Zat besi ini sangat penting bagi wanita karena peredaran darah yang lancar bisa menjaga keseimbangan proses ovulasi. Jumlah yang bisa dikonsumsi oleh manusia adalah 8mg dan 18mg perhari dan zat besi bisa diperoleh dari kangkung, bayam, hati, dan daging.

5. Selenium

Selenium dapat mempengaruhi kesuburan pria. Selenium berfungsi seperti antioksidan dan mencegah kerusakan sel-sel sperma. Selenium bisa diperoleh dari daging merah, makanan laut, dan hati. Jumlah asupan harian yang disarankan adalah 70 mikrogram.

6. Zinc

Zinc atau seng sangat dibutuhkan tubuh untuk menambah kesuburan. Penelitian menunjukkan bahwa zinc bisa menjaga kesehatan alat seksual dan juga kualitas produksi sperma. Berkurangnya suplai zinc membuat produksi hormon testosteron berkurang dan testis bisa menyusut. Mineral Zinc banyak diperoleh dari kerang. Kerang merupakan sumber zinc tertinggi selain daging sapi, kepiting, telur, dan ayam. Jumlah zinc yang harus dikonsumsi orang normal adalah 15 mikrogram sehari.

7. kalsium

Kalisum adalah salah satu mineral yang harus tercukupi didalam tubuh. Kalsium berguna memperbaiki kesuburan karena kalsium meningkatkan pH tubuh yang artinya baik buat sperma dan telur. Sperma tidak akan tahan dengan pH rendah dan cenderung cepat mati. Dengan penggunaan kalsium maka sperma bisa bertahan lebih lama sehingga bisa mencapai indung telur dan melakukan pembuahan. Kalsium bisa didapat dari susu segar daging, sayuran hijau. Satu gelas susu paling tidak mengandung 800mg kalsium yang baik buat tubuh dan tubuh butuh 1000mg sehari

0 komentar:

Posting Komentar

twitter

Trending Post

About Me

Foto Saya
azril tumhare
Sesingkat Nya Hidup Kita Jalani Semakin Cepat Kita Harus Berusaha n Berdoa Apa Yang Kita Citakan Akan Terwujud.
Lihat profil lengkapku

Archive

Mengenai Saya

Foto saya
Sesingkat Nya Hidup Kita Jalani Semakin Cepat Kita Harus Berusaha n Berdoa Apa Yang Kita Citakan Akan Terwujud.

Visitor

free counters

alexa

Review http://wireazrilharyanto.blogspot.com/ on alexa.com

Weather